Kamis, 16 Juni 2011

Notebook Lokal Terus Bersaing

Solo, DetakNews. Setelah lama notebook maupun netbook bermerek luar negeri memasuki pasar komputer Solo, kini mereka mendapat saingan baru dengan masuknya produk-produk lokal ke Solo.

Setidaknya ada beberapa merek lokal yang mulai menunjukkan geliat penjualan cukup positif. Sebut saja di antaranya seperti Zyrex, Advance, Axioo, dan CCube. Menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Solo, Andoko, notebook dan netbook dengan brand lokal kini sudah mulai menunjukkan geliat persaingan cukup ketat. “Di pameran ini saja Zyrex, Advance, Axioo, Ccube juga sudah mulai banyak ditawarkan kepada masyarakat,” katanya pada acara pameran komputer NIX 2011, di Diamond Solo Convention Center (DSCC), kemarin.

Andoko, selanjutnya menyatakan, selama ini produk-produk lokal banyak yang bermain di segmen low-end dengan teknologi yang cukup canggih. Langkah ini diambil mengingat masih banyak masyarakat Solo yang memperhatikan pertimbangan harga ketimbang teknologi canggih yang diusung suatu produk.

Produk bermerek internasional seperti Toshiba, HP, Acer, ASUS, juga tidak ingin menganggap enteng tantangan persaingan dari produk lokal tersebut. “Mereka juga bersaing untuk mengeluarkan produk-produk dengan harga yang murah,” ujarnya. Ada satu kelemahan yang dimiliki oleh produk bermerek lokal yang sekarang banyak beredar di Solo. Salah satunya yakni tidak adanya dealer resmi di Solo. ”Sementara ini baru ada Axioo saja yang memiliki dealer resmi di Solo,” tutupnya. (Julia Nur Rochmah/D0207064)

0 komentar:

Posting Komentar